Komunikasi Massa

Pada hakikatnya komunikasi massa adalah komunikasi dengan menggunakan saluran media massa. Komunikasi massa dalam abad modren sudah menjadi industri raksasa, baik di bidang penerbitan, penyelenggaraan siaran radio dan televisi, maupun perusahaan-perusahaan lain yang menunjang kegiatan komunikasi massa seperti perusahaan iklan pusat-pusat produksi siaran sampai pula pada perusahaan yang menjual jasa penelitian (Dja’far H. Assegaf , 1991: 11).
Definisi lain dari Joseph R. Dominick: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.
Dan menurut Jalaluddin Rakhmat : Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Ciri ciri komunikasi massa adalah :
a. Komunikasi massa berlangung satu arah
b. Komunikator pada komunikasi massa melembaga
c. Pesan pada komunikasi bersifat umum
d. Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
e. Komunikan komunikasi massa bersifat heterogen

Di lihat dari fungsinya, komunikasi massa terbagai menjadi beberapa bagian, yakni (Onong U. Effendy, 2001: 29-31) :
a. Fungsi Pengawasan
Fungsi pengawasan dibagi menjadi dua yaitu:
1. Pengawasan peringatan
Pengawasan jenis ini terjadi jika media menyampaikan informasi mengenai ancaman bencana, kondisi ekonomi yang mengalami depresio, meningkatnya inflasi atau serangan militer.
2. Pengawasan Instrumental
Pengawasan jenis kedua ini berkaitan dengan penyebaran informasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.
b. Fungsi Interpretasi
Fungsi Interpretasi sangat erat kaitannya dengan fungsi pengawasan. Media massa tidak hanya menyajikan fakta dan data, tetapi juga informasi berisi beserta interpretasi mengenai suatu peristiwa tertentu.
c. Hubungan
Fungsi hubungan ini sangat berpengaruh pada masyarakat sehingga dijuluki “public macing” ability of the mass media atau kemampuan membuat sesuatu menjadi umum dari media.
d. Hiburan
Fungsi hiburan sangat jelas terlihat pada televisi dan radio yang menyajikan acara seperti filem, drama, dan musik.

1 comments:

Jeram LIAR mengatakan...

Apa perbedaan komunikasi massa dengan komunikasi lainnya? Seperti pengantar ilmu komunikasi dan lain-lain