Tips dan Trik Memilih Kampus

Saat ini DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) terdapat 125 Kampus dan Lembaga Pendidikan. Kampus dan lembaga Lendidikan Profesional (LP) tersebut tersebar di tiap sudut kota. Inilah salah satu jawaban dari pertanyaan kenapa DIY menyandang Gelar Kota Pelajar dan menjadi salah satu tempat tujuan para lulusan SMU/SMK atau yang sederajat melanjutkan sekolah.
Para pendaftar kebanyakan tidak mengetahui banyaknya kampus dan LP tersebut. Yang mereka ketahui adalah Kampus-kampus dan LP yang sudah memiliki nama besar lewat iklan di media. Padahal belum tentu Kampus atau pun LP tersebut memiliki kualitas yang merata di setiap Jurusan ataupun program studinya. Banyak mahasiswa yang menyesal karena salah memilih kampus dan jurusan karena termakan iklan (brosur) yang ditawarkan.
Berikut ini adalah tips dari penulis buat para pencari kampus agar dapat menghindari penyesalan karena salah memilih kampus.

1. Tentukan bidang Ilmu yang akan di tekuni.
Menentukan bidang atau ilmu yang akan digeluti adalah langkah pertama dan terutama yang harus kita cari sebelum menentukan tempat menempuh pendidikan. Dalam menentuknya harus berdasarkan dengan kemauan dan kemampuan kita sendiri. Hindari memilih Jurusan hanya karean ikut-ikutan, atau ajakan teman
dan paksaan orang tua sebab hal ini akan berbuah penyesalan dikemudian hari kecuali kalau itu memang sesuai dengan keinginak dan kemampuan yang kita miliki.

2. Pilihlah Kampus atau LP yang terbaik.
Setelah menentukan Ilmu yang akan digeluti mulailah mencari dan menyeleksi kampus dan LP yang memiliki jurusan atau program studi yang akan kita digeluti. Umumya pendaftar sering terjebak dalam hal ini. Pendaftar terjebak karena nama besar kampus. Mendengar nama besar kampus Pendaftar menutup mata mereka akan keberadaan kampus lain, karena malas mencari informasi. Sebab tiap kampus atau LP memiliki akreditasi atau kualitas yang sama. Ada kampus yang unggul di Ilmu Komunikasi misalnya namun tidak unggu di bidang Ilmu teknik. Begitu seterusnya. Jadi janganlah malas mencari informasi profil kampus.

3. Mantapkan pilihan tersebut
Langkah selanjutnya adalah memantapkan pilihan tersebut dengan cara mencokokan dan menyesuaikan kembali pilihan kita pada kemampuan yang kita punya.
Kemampuan disini diartikan kemampuan finansial yang kita miliki. Untuk tahap ini diskusikanlah dengan Orangtua atau siapa saja yang mendanai kita sekolah. Selanjutnya mintalah restu kepada Tuhan.

Tulisan ini sengaja dibuat untuk memberi referensi bagai siapa saja yang ingin mencari referensi tentang kampus-kampus di Wilayah Kopertis V Yogyakarta. Penulis sangat menyarankan bagi calon mahasiswa untuk selektif dalam memilih Perguruan Tinggi. Jangan mudah terpengaruh dengan iklan atau pun brosur-brosur. Biasakan untuk selalu cek dan ricek & ricek keberadaan, kebenaran, sepak terjang kampus, fasilitas , dan kualitas kampus yang dituju. Dan yang menjadi pertimbangan selanjutnya adalah pilihlah kampus yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan yang kita miliki.
Berikut disajikan daftar kampus di Yogyakarta yang terdiri dari universitas, institut, Sekolah tinggi, Politeknik, Akademi, dan Lembaga Pendidikan yang terdaftar dalam Kopertis wilayah V





0 comments: