Instal Ubuntu 11.04 di BenQ Joybook s35

Sesuai dengan judulnya, postingan ini mereview sekaligus berbagi pengalaman saya ketika  menginstal Ubuntu 11.04  (Natty Narwhal) di Benq joybook S35 tanpa harus kehilangan windows 7 Starer Edision original.


Sedikit pengantar, dari pengamatan yang tak objektif, saya menilai bahwa Benq merekomendasikan  Windows sebagai sistem operasinya. Penilaian ini disimpulkan berdasarkan pada turut sertannya win 7 starter Edison ketika pembelian Benq  joybook s35. Dan dalam situsnya, khususnya pada dukungan driver hanya disediakan driver untuk windows saja.

Tanpa perlu panjang lebar mengulas  hal- hal yang sudah jelas  langusng saja, sebelum proses  instalasi dimulai hal wajib yang dipersiapkan adalah CD  instalasi  Ubuntu 11.04 kalau belum punya anda bisa meminta pada tetangga,  teman, sewa dirental, beli atau jika anda cukup sabar bisa mendownload secara gratis di situs resminya (http://www.ubuntu.com/download/ubuntu/download). Yang kedua adalah siapkan 3 partisi kosong. Partisi 1 untuk home bertipe ext4, partisi kedua untuk root ext4  (/) dan yang ketiga untuk swap area. Partisi root dan home masing-masing saya siapkan 10 G (sesuaikan saja dengan kebutuhan semakin banyak semain baik). Sedangkan untuk partisi swap saya hanya memberikan 500m. Partisi-partisi saya bikin dengan menggunakan aplikasi bawaan win7.

Setelah tahapan tersebut dilewati proses instalasi dapat dimulai. Berikut adalah langkah-langkahnya:


1. Boot  cd ubuntu
Masukan cd Ubuntu 11.04 kedalam CD/DVD ROM. Restart  joybook dan pastikan booting ke cd ubuntu 11.04. Kalau booting berjalan  mulus akan  dihadapkan pada pilihan try ubuntu atau instal.  Pada tahap ini saya memilih  try untuk melihat kinerja Ubuntu apakah berjalan dengan baik atau tidak.



2. Pilih Instal Ubuntu
Setelah yakin Ubuntu 11.04 ekerja dengan baik maka langkah selanjutnya mengkik instal Ubuntu 11.04. Dan selanjutnya akan berhadapkan dengan jendela yang berisi ragam pilihan bahasa.  Lewati saja  dengan mengklik  Forwad. 
 


3. Preparing to Install Ubuntu
Pada tahap ini akan muncul informasi mengenai persiapan untuk menginstall Ubuntu  11.04, diantarannya adalah  besaran minimal hardisk. Pilih Forward untuk lanjut ketahap selanjutnya.



4. Alocated drive Spase

Pada tahap ini harus lebih teliti. Sebab pada tahap ini kebanyakan orang yang tidak membaca atau membaca tapi tidak mengerti akan kehilangan partisi beserta data-data didalamnya. Dalam tahap  dihadapkan pada 3 pilihan (lihat gambar). Pilih yang paling bawah untuk mentukan partisi tempat menginstal ubuntu secara manual.


5. Cari partisi ext4 dan swap
Selanjutnya  akan muncul tabel informasi hardisk dan partisinya  serta berapa banyaknya spase yang telah digunakan. Langkah selanjutnya adalah anda hanya perlu mencari partisi yang telah dibikin  sebelumnya (10G, 10G  dan 500M) . Ingat jangan sampai salah pilih karna data dihardisk bisa terhapus.  Sebagai penanda pilihlah partisi yang bertipe ext4 dan swap bukan NTFS atau Fat32.



6 . Pilih Partisi 
Setelah ketemu partisi-partisi tersebut maka  pastikan partisi tersebut terpilih  (10G ext4, 10Gext4  dan 500M swap). Caranya dengan mengklik kanan pada partisi 10G tersebut pilih change. Lakukan hal  yang sama partisi 10G yang lainnya. Dan jangan lupa pastikan masing-masing partisi tersebut mendapatkan tanda /  dan  home.  Tanda  / artinya sebagai partisi root dan home sebagai  partisi  home.
Dan terakhir sebelum mengklik Forwad pastikan juga "device boot loader instalation" berada pada posisi /dev/sda ATA ....


7. Klik Forwad Untuk Instalasi
Langkah selanjutnya anda tingagal klik Forwad untuk melanjutkan proses instalasi. Lamanya proses instalasi di Joybook s35 tidak lebih dari 30 menit.  Dan pada saat proses instalsi berjalan anda perlu  menseting lokasi dan waktu serta membuat user name dan pasword sesuai denga keinginan. Kalau berjalan dengan  lancar maka Ubuntu akan memberikan pilihan reboot atau lanjutkan mencoba Ubuntu pilih reboot  untuk merestart  joybook. Ini juga berarti ubuntu telah terpasang di Joybook s35.

Terakhir setelah restart joybook, anda akan dihadapkan pada  grub loader (pilihan apakah ingin masuk ke Ubuntu, windows 7).  Khusus untuk pengguna joybook s35 yang masih original jangan bingung dengan penambahan  boot Windows Vista (paling bawah). Dan,  jangan pula masuk atau memilih boot win Vista. Ini aplikasi recovery  khusus benq yaitu BenQ  data trove yang bisa menghapus grub loader Ubuntu. Sekian dulu dari saya untuk cara menginstal Ubuntu 11.04  di Joybook S35. Dan untuk selanjutnya saya akan berbagi pengalaman mengembalikan grub loder Ubuntu yang terhapus BenQ  Qdata trove.  Bagi yang masih bingung jangan lupa tinggalkan komentar.

0 comments: